Bawaslu Bangka Tengah Dan Akademisi Kerjasama Tingkatkan Pengawasan Pemilu 2024

SOBATINDONEWS.COM, Bangka Tengah — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng pihak akademisi untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dalam Pemilu 2024.

“Kita gandeng pihak akademisi dan kita sudah teken perjanjian kerja sama dengan Universitas Bangka Belitung (UBB), untuk sama-sama berkomitman dan berpartisipasi aktif dalam mengawal proses demokrasi dalam Pemilu 2024,” kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Selasa. Robianto didampingi komisoner Bawaslu yang lainnya M Utoyo dan Wahyu Tri Buwono, mengatakan bahwa kesepakatan kerja sama dengan pihak UBB merupakan keinginannya untuk dapat membangun kesepahaman bersama yang sudah lama terencana dan akhirnya dapat terealisasikan. “Dengan terjalinnya kerja sama ini kami berharap Fakultas Hukum UBB dapat mendukung berbagai program kerja yang dimiliki Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, seperti peningkatan edukasi dalam proses hukum penanganan pelanggaran pemilu,” ujarnya.

Robianto mengatakan bahwa pihaknya selalu menyambut baik setiap kerja sama dengan perguruan tinggi karena ada ruang tertentu yang tidak bisa sentuh secara maksimal oleh pihaknya, namun dapat dimaksimalkan dengan adanya kerja sama bersama pihak universitas atau perguruan tinggi melalui tri dharma perguruan tinggi. “Kami memiliki berbagai program pengawasan partisipatif, seperti Gardu Pengawasan yang sebelumnya kami jalin kerja samanya dengan Perguruan Tinggi Bangka (Pertiba),” ujarnya.

Menurut dia, program ini dapat juga disinergikan dengan melibatkan peran para mahasiswa terutama Fakultas Hukum UBB. “Dengan pendekatan yang mahasiswa bangun dapat memberikan pencerahan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan masyarakat,” sebut Robianto. Selain itu, kata dia, pihaknya juga ada program kegiatan Sambang Pengawasan, Forum Warga, Jelajah Pengawasan dan Forum Warga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan. “Kami berharap ke depan ada diskusi lebih lanjut terhadap ruang-ruang tersebut yang bisa kita manfaatkan dalam bentuk kerja sama nyata di lapangan,” harap Robianto.

(antara.com)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.