China Mengadakan Latihan Tempur di Wilayah Taiwan. Ada apa?

Militer China mengadakan latihan serangan tempur skala besar mulai Minggu, mengirim pesawat perang dan kapal angkatan laut ke Taiwan.

SOBATINDONEWS.COM, Taipei – Latihan temput tersebut bertepatan dengan kunjungan sekelompok anggota parlemen Jerman yang mendarat di Taiwan pada Senin pagi. Memimpin delegasi adalah Marie-Agnes Strack-Zimmermann, yang memimpin Komite Pertahanan Parlemen Jerman.

Anggota parlemen Jerman akan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, serta kepala Dewan Keamanan Nasional Taiwan dan Dewan Urusan Daratan, yang menangani masalah terkait China.

China telah meningkatkan tekanannya terhadap militer Taiwan dalam beberapa tahun terakhir dengan mengirim pesawat tempur atau kapal angkatan laut hampir setiap hari ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. China mengklaim kedaulatan atas pulau itu, yang terpisah dari daratan pada 1949 setelah perang saudara.

Latihan hari Minggu berlanjut hingga Senin, kata kementerian pertahanan Taiwan, memantau pesawat tempur dan kapal angkatan laut China pada sistem misilnya.

Tindakan China “telah sangat mengganggu perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan perairan sekitarnya,” kata kementerian tersebut.

Selama 24 jam antara Minggu pukul 06.00 hingga pukul 06.00 Senin pagi, Tentara Pembebasan Rakyat China menerbangkan 57 pesawat tempur dan empat kapal menuju Taiwan, kata Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan dalam sebuah pernyataan Senin pagi. Dua puluh delapan dari pesawat itu melintasi garis median Selat Taiwan, batas tidak resmi yang sebelumnya dipegang oleh kedua belah pihak.

China mengumumkan latihan tersebut sekitar pukul 11 ​​malam. Minggu, mengatakan “target utama mereka adalah untuk berlatih serangan darat dan laut,” menurut pernyataan dari Shi Yi, juru bicara Komando Teater Timur PLA.

Pada akhir Desember, China mengirim rekor 71 pesawat dan 7 kapal ke Taiwan, latihan skala terbesar pada tahun 2022.

Taiwan akan mengadakan latihan militer dua hari tahunan mulai Rabu. Latihan jelang liburan Tahun Baru Imlek ini bertujuan untuk unjuk kemampuan pertahanan.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.