HUT Ke-60 KOWAL, Prajurit Wanita TNI Angkatan Laut

SOBATINDONEWS.COM,SURABAYA – Hari Korps Wanita Angkatan Laut ( KOWAL ) diperingati setiap 5 Januari. Tahun ini merupakan HUT ke-60 KOWAL.

Mengutip situs resmi Tentara Nasional Indonesia (TNI), KOWAL adalah prajurit wanita TNI Angkatan Laut (AL). KOWAL dibentuk dan dipersiapkan menjadi wanita yang tanggap, tanggon, trengginas, berjiwa sapta marga, mampu menghadapi segala permasalahan, serta mampu menyesuaikan diri di lingkungan dinas maupun masyarakat.

Adanya tenaga wanita dalam kedinasan Angkatan Laut sangatlah penting. Oleh karena itu dibentuklah KOWAL.

Ide pembentukan KOWAL dimotori Komodor Yos Sudarso. Sementara yang merealisasikannya adalah Panglima TNI Laksamana Muda RE Martadinata. Ada surat keputusan Menteri/Pangal No 5401.24 tanggal 26 Juni 1962 tentang pembentukan KOWAL.

Surat keputusan itu kemudian ditindaklanjuti dengan perekrutan dan pendidikan calon anggota KOWAL yang menghasilkan 12 perwira. Pelantikan pertama KOWAL dilakukan RE Martadinata di Mabes AL, Jalan Gunung Sahari 67, Jakarta pada 5 Januari 1963. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kowal hingga saat kini.

Awalnya, KOWAL merupakan Korps yang berdiri sendiri. Seiring dengan semangat emansipasi dan kemitrasejajaran dengan pria, pembinaan profesi anggota KOWAL dilakukan sesuai dengan ketentuan prajurit TNI AL umumnya. Namun pembinaan kodrat kewanitaan tetap berada di bawah pembinaan khusus Kowal.

Dinamikanya tergambar dalam struktur organisasinya, yang berubah menjadi Administrasi Personel Wanita (Minsperwan) dan Pembinaan KOWAL (Binkowal).

Pada 1985, struktur Binkowal dihapus dan pimpinan TNI AL menunjuk seorang perwira menengah KOWAL, sebagai pembina dengan sebutan Pembina KOWAL.

Dua Fungsi Utama KOWAL:
1. Mengabdikan diri untuk TNI Angkatan Laut dalam tugas-tugas tertentu, yang lebih cocok dan efisiensi dilakukan oleh tenaga-tenaga wanita.

2. Memelihara dan menjalin hubungan dengan masyarakat terutama organisasi-organisasi wanita lainnya, agar terpelihara sifat-sifat kewanitaannya dalam kesibukan dan ketekunan mereka dalam kehidupan militer.

Tujuan Pembentukan KOWAL:
1. Memberikan hak, kewajiban dan kehormatan kepada wanita Indonesia untuk mengabdikan diri ke dalam bidang kemiliteran.

2. Mengisi jabatan atau kedudukan tertentu dalam organisasi TNI Angkatan Laut dengan tenaga wanita dalam rangka kesempurnaan dan efisiensi hasil organisasi.

(detikjatim.com)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.