Korea Selatan Memperkenalkan Keringanan Pajak untuk Investasi Domestik dalam Chip

Kementerian keuangan mengatakan langkah-langkah tersebut akan menghemat lebih dari $2,85 miliar pembayaran pajak perusahaan untuk tahun 2024.

SOBATINDONEWS.COM, Seol – Korea Selatan akan meluncurkan keringanan pajak besar untuk perusahaan semikonduktor dan perusahaan teknologi lain yang berinvestasi di dalam negeri sebagai bagian dari upaya untuk memastikan keamanan rantai pasokan.

Perusahaan yang berinvestasi di negara Asia Timur akan dapat memanfaatkan pengurangan pajak 35 persen, membantu perusahaan menghemat lebih dari 3,6 triliun won ($2,85 miliar) dalam pembayaran pajak untuk tahun 2024, kata kementerian keuangan negara itu dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

Keringanan pajak yang diusulkan datang ketika ekonomi lain, termasuk Taiwan dan Amerika Serikat, meluncurkan langkah-langkah untuk meningkatkan industri chip dalam negeri mereka.

Taiwan, rumah bagi pembuat chip kontrak terbesar di dunia Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd, pada bulan November mengumumkan keringanan pajak yang diperluas yang akan memungkinkan perusahaan untuk menurunkan tagihan pajak mereka hingga seperempat jika investasi mereka dalam penelitian dan produksi dalam negeri mencapai tingkat tertentu.

Pada bulan Agustus, Presiden AS Joe Biden menandatangani CHIPS and Science Act, yang memberikan subsidi miliaran dolar untuk pembuat chip AS dan membatasi dukungan untuk perusahaan yang melakukan produksi di China.

Kementerian Keuangan Korea Selatan mengatakan rencana keringanan pajak yang diusulkan tunduk pada persetujuan parlemen, yang didominasi oleh Partai Demokrat, saingan kiri-tengah Partai Kekuatan Rakyat Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Korea Selatan, ekonomi terbesar keempat di Asia, adalah produsen chip memori terbesar di dunia, dengan perusahaan lokal Samsung dan SK Hynix bersama-sama mengendalikan sekitar 70 persen pasar global.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.