MPM KM UNP Study Tour Legislatif ke “Gedung Putih” Sumatera Barat

SOBATINDONEWS.COM PADANG – Majelis Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MPM KM) Universitas Negeri Padang (UNP) lakukan study tour legislatif ke DPRD Sunatera Barat (Sumbar).

Ketika mengunjungi “gedung putih” rombongan yang diketuai Bagas Juniver, diterima tim Pakar DPRD Sumatera Barat Hengki Andora didampingi Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Barat Zardi Syahrir dan Kasubag Humas, Publikasi, Protokol dan Perpustakaan DPRD Sumbar Dahrul Idris.

Rombongan diterima di ruang khusus I DPRD Sumbar, selanjutnya melakukan diskusi berkaitan dengan ke-legislatif-an.

Pertemuan tersebut banyak pertanyaan mengemuka dari mahasiswa sekaitan peran dan fungsi legislatif.

Salah seorang mahasiswa Gebetan Al Zaqri, menyebutkan, Majelis Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa atau MPM KM UNP memiliki pekerjaan dan peran yang sama sebagai legislatif.

“Pada dasarnya kami dari MPM KM, memiliki tugas dan kerja yang hampir sama dengan legislatif, maka kami harus mendalami, sehingga bisa lebih mapan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari,” tutur Zaqri.

Sekaitan dengan apa yang disampaikan dan ditanyakan para mahasiswa, tim pakar DPRD Sumatera Barat, Hengki Andora menjelaskan, ciri utama daerah yaitu mempunyai DPRD. Kalau tidak ada DPRD, maka dia dinyatakan tidak sebagai daerah dan tidak menyelenggarakan urusan otonomi.

“Sebagai negara kesatuan, ciri daerah adalah provinsi, kabupaten dan kota. Sedangkan, desa tidak disebut daerah. Maka otonom tersebut letaknya di provinsi bukan kota atau kabupaten, karena ciri otonom tersebut ada kehadiran DPRD disana”,tutur Hengki.

Ditambahkan Zardi, jika masih ada yang perlu didalami menyangkut kegiatan legislatif Sumbar,maka bisa dilihat pada website DPRD.

“Kita juga terus mengupload kegiatan DPRD Sumbar, jadi bisa didalami jika adek-adek mahasiswa berkenan, dan kita juga akan selalu siap melayani,” tambah Zardi.

Zardi juga menerangkan, DPRD Sumbar akan selalu terbuka untuk melakukan shearing, dengan semua komponen masyarakat, termasuk juga mahasiswa.

“Pimpinan dan semua komponen DPRD Sumbar akan selalu siap shearing, untuk kepentingan masyrakat Sumbar dan kemajuan pendidikan di daerah ini,” tutup nya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.