Pengusaha Rental Kendaraan Diminta Waspada, Banyak Bule Penyewa Terkena Tilang Elektronik di Bali

SOBATINDONEWS.COM, BALI – Polisi mengimbau pengusaha rental kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor untuk waspada saat menyewakan kendraannya.

Pasalnya, banyak WNA penyewa kendaraan yang terpantau terkena tilang elektronik (ETLE).

“Akhir-akhir ini sering terjadi pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh warga negara asing. WNA tersebut menggunakan kendaraan sewaan yang disebabkan oleh ketidakpahaman mereka terhadap aturan lalulintas yang berlaku. Apalagi saat ini Polri sudah memberlakukan ETLE (tilang elektronik), yang terpasang di beberapa titik,” jelas Kabid Humas Polda Bali, Kombes Bayu Satake, Rabu 18 Januari 2023.

Dikatakan, sebelum menyewakan kendaraan kepada wisatawan asing maupun lokal, agar diingatkan saat berkendara wajib memiliki SIM dan tetap patuh terhadap aturan lalu lintas yang berlaku.

Tak hanya itu, pemilik rental mobil maupun motor pun diminta untuk selalu mengutamakan Kamseltibcarlantas dalam berkendara.

Menurut Kombes Bayu Satake, hal tersebut sangat penting diberikan oleh para pemilik rental.

Satake mengimbau dan meminta kerjasamanya kepada seluruh pemilik rental mobil dan sepeda motor, sebelum menyewa kendaraan agar memberikan arahan kepada setiap penyewa kendaraan tersebut baik wisatawan asing maupun lokal.

Yang mana penyewa harus selalu mematuhi aturan lalulintas yang berlaku.

Aturan dasar tersebut seperti menggunakan helm, membawa SIM, menggunakan sabuk keselamatan, tidak bermain HP, serta aturan lalulintas lainnya.

Tak hanya itu, penyewa juga diharapkan selalu berhati-hati dengan tetap mengutamakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalulintas.

Jika memang diperlukan para pemilik rental bahkan diharapkan menyiapkan pemandu jalan untuk mengiringi WNA tersebut.

Mengingat, para wisatawan tidak terlalu hapal jalan yang akan mereka lalui dalam menikmati keindahan Bali.

“Imbauan ini kita berikan untuk memberikan rasa aman dan nyaman, serta keselamatan saat berkendara kepada para wisatawan baik lokal maupun asing, yang ingin menikmati keindahan pulau Bali yang kita cintai ini,” pungkas Satake.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.