Proyek Pembangunan Exit Tol Yogya-YIA, Proyek Prioritas Baru Yogyakarta

SOBATINDONEWS.COM, DIY – Proyek pembangunan jalan tol Jogja-YIA sudah memasuki tahap persiapan. Proyek ini menjadi lebih diprioritaskan dibandingkan dengan pembangunan Jalan Tol Jogja-Solo yang melintasi Ring Road Utara.

Proyek ini telah dimulai sejak 5 Desember 2022 di wilayah Sleman dengan dilakukannya sosialisasi kepada warga terdampak pembangunan Jalan Tol. Sosialisasi sendiri dilakukan di 3 lokasi, yakni Kalurahan Nogotirto, Banyuraden, dan Ambarketawang.

Perwakilan dari perusahaan pembangun Jalan Tol, Jogja Solo Marga Makmur (JMM), Hamim, mengatakan bahwa Seksi 3 didahulukan guna memberikan akses cepat untuk warga Yogyakarta ke YIA ataupun sebaliknya.

“Ekonomi akan tumbuh apabila memanfaatkan fasilitas masing-masing,” ungkapnya, Senin (16/1)

Pembangunan proyek Jalan Tol yang menghubungkan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) langsung menuju Yogyakarta

Proyek yang akan dibangun di Kulon Progo ini diharapkan dapat memberikan sejumlah dampak positif bagi Kabupaten Kulon Progo.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Triyono menyatakan bahwa paling tidak ada tiga exit tol di Kulon Progo yang akan dibangun.

“Pasti nanti akan banyak tempat-tempat yang kemudian bisa menggerakkan roda perekonomian di Kulon Progo ini. Pada waktu membahas jalan tol ini memang kami minta kepada Balai Jalan Tol paling tidak ada tiga exit tol di Kulon Progo yang sepertinya sudah disetujui dan direkomendasikan,” ungkapnya baru-baru ini.

Ilustrasi Gerbang Tol (Kementerian PUPR)

Triyono mengungkapkan, pemilihan pintu keluar tol tersebut diharapkan memberikan sejumlah dampak positif bagi Kabupaten Kulon Progo.  Misalnya, exit tol yang berlokasi di Sentolo, diharapkan mampu mendukung aktivitas perindustrian yang menempati wilayah tersebut.

Namun, Triyono menyebut pintu keluar tol di wilayah tersebut belum masuk prioritas pembangunan. Dan baru ada beberapa perusahaan yang sudah beroperasi di sana.

Ikuti akun tiktok kami agar tidak ketinggalan informasi terbaru tentang dunia.

www.tiktok.com/sobatindonews/

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.