SEKRETARIS DPRD SUMBAR TERIMA KULIAH LAPANGAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BUNG HATTA

SOBATINDONEWS.COM PADANG – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta melaksanakan kegiatan kuliah lapangan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat pada hari Selasa, 4 Juni 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program akademik untuk memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa mengenai fungsi legislatif dan proses legislasi di tingkat daerah.

Rombongan mahasiswa tersebut didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Dr. Sanidjar Pebrihariati dan disambut langsung oleh Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat, Raflis didampingi Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Zardi Syahrir dan Kasubag Protokol dan Kehumasan Darul Idris.

Dalam sambutannya, Raflis menyampaikan pentingnya pemahaman terhadap proses legislatif bagi mahasiswa hukum, sebagai calon penerus yang akan berkontribusi dalam bidang hukum dan pemerintahan di masa depan.

“Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis mengenai mekanisme kerja DPRD, mulai dari penyusunan hingga pengesahan peraturan daerah. Semoga mahasiswa bisa belajar banyak dari pengalaman ini,” ujar Raflis.

Selama kunjungan, mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti sesi diskusi mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai anggota dewan. Diskusi ini mencakup berbagai topik, mulai dari proses pembuatan kebijakan, pengawasan pemerintah daerah, hingga peran DPRD dalam pembangunan daerah.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mendengarkan paparan mengenai jalannya sidang paripurna. Mereka mendapat pemahaman bagaimana anggota dewan berdebat dan berargumen mengenai berbagai isu yang menjadi perhatian masyarakat Sumatera Barat. Pengalaman ini memberikan gambaran nyata mengenai dinamika politik dan legislasi di tingkat daerah.

Salah satu mahasiswa menyatakan rasa terima kasihnya atas kesempatan ini. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami bisa belajar bagaimana teori yang kami pelajari di kelas diterapkan dalam praktik. Ini sangat memotivasi kami untuk belajar lebih giat lagi,” ujarnya.

Sementara Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Dr. Sanidjar Pebrihariati yang juga turut hadir dalam kunjungan tersebut, menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut. 

“Kami berharap kunjungan ini menjadi salah satu langkah awal bagi mahasiswa untuk lebih memahami dan terlibat aktif dalam proses legislasi serta pengembangan hukum di Indonesia,” katanya.

Kegiatan kuliah lapangan ini diakhiri dengan foto bersama antara mahasiswa, dosen, dan Sekretaris DPRD Sumbar beserta jajaran.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.