Tim Deklarator Sodorkan 8 Nama ke Pj Gubernur Papua Barat Daya untuk Masuk Kabinet Kerja


SOBATINDONEWS.COM, SORONG – Tim deklator pemekaran Provinsi Papua Barat Daya meminta Penjabat Gubernur Muhammad Musa’ad adil menyusun kabinet kerja.

Sekretaris tim deklarator pemekaran Papua Barat Daya, Zainuddin Latami Awam, mengatakan Muhammad Musa’ad perlu bersikap adil memilih Plt kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Menurutnya, perjuangan pemekaran provinsi terbaru di Indonesia itu murni aspirasi masyarakat.

Ia menyebut ada tiga tim yang ikut memperjuangkan terbentuknya Papua Barat Daya.

Mereka adalah tim deklator yang diketuai Andi Asmuruf, tim presidium yang diketuai Yosafat Kambu, dan tim percepatan diketuai Lambertus Jitmau.

“Saya selalu tim yang mewakili suku Nusantara minta Pak Pj Gubernur adil dalam memilih pimpinan OPD nanti,” Rabu (4/1/2023).

Menurut Zainuddin Latami Awam, provinsi ke-38 itu bukan hanya untuk oknum tertentu, tapi semua masyarakat yang ada di lima kabupaten dan satu kota.

Karena itu, ia mengharapkan supaya Pj Gubernur Papua Barat Daya adil dalam menyusun kabinetnya.

“Ketua tim deklarator juga mempertanggungjawabkan semua timnya yang ada di bawah, termasuk Nusantara dan OAP. Kami bersatu mulai 2006 sampai provinsi terbentuk,” ujar dia.

Ia menyebut perjuangan tim deklarator tidak pernah dibantu pembiayaan dari lima kabupaten dan satu kota yang kini masuk Papua Barat Daya.

“Kami tidak pernah dilirik tentang masalah pembiayaan kami memakai biaya sendiri,” ungkap Zainuddin Latami Awam.

Dalam pembagian OPD nanti, ucapnya, Pj Gubernur Papua Barat Daya harus bijaksana melibat keterwakilan tiga tim ini.

Sejauh ini, tim deklarator sudah berkomunikasi dengan Muhammad Musa’ad soal keterwakilan dalam menduduki Plh kepala OPD.

Tim deklator memiliki figur yang memiliki pangkat dan bisa duduk dalam Kabinet Kerja Papua Barat Daya.

“Tim sudah menyurati dan menyerahkan delapan nama kepada Pj Gubernur. Semoga dari delapan itu, ada yang bisa duduki kabinet kerja nanti,” kata Zainuddin Latami Awam.

Diberitakan sebelumnya, dalam waktu dekat, sejumlah nama pejabat diberikan mandat untuk membentuk dan memimpin dinas dan badan di pemerintahan Provinsi Papua Barat Daya.

Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad, telah mengantongi sejumlah nama pejabat yang akan diserahi tugas untuk memimpin dinas dan badan di pemerintah provinsi Papua Barat Daya.

“Ada 22 nama yang sudah dikantongi. Semua atas usulan berbagai pihak, namun masih dalam pertimbangan,” kata Muhammad Musa’ad setelah membuka rapat koordinasi bupati/wali kota se-Papua Barat Daya, Rabu (4/1/2023).

Pada Januari ini, ucapnya, SK semua pelaksana tugas kepala-kepala dinas dan badan sudah diserahkan.

Roda pemerintahan ditargetkan mulai berjalan pada Februari setelah mutasi ASN dari kabupaten dan kota ke provinsi dan pembahasan anggaran dari masing-masing dinas selesai.

“Kami akan menyerahkan SK Plt kepala dinas. Beberapa sudah kita siapkan. Pada Januari ini, semua sudah harus selesai,” kata Muhammad Musa’ad.

(tribunpapuabarat)


Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.