Tunggu Persetujuan Korlantas Polri, Polda Kaltara Berencana Terapkan ETLE Mobile

SOBATINDONEWS.COM, TANJUNG SELOR – Polda Kaltara berencana melakukan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara mobile di wilayah Kaltara. Penerapan ETLE mobile ini bertujuan untuk membantu peran dari ETLE dengan metode statis yang menggunakan kamera CCTV di traffic light dan memabntu penertiban lalulintas di wilayah Kaltara.

Dirlantas Polda Kaltara Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi melalui Kasubid Gakkum Ditlantas Polda Kaltara, AKBP Eko Nugroho mengatakan usulan penerapan ETLE mobile dan pengajuan 35 unit ETLE mobile sudah disampaikan ke Korlantas Polri.

Pihaknya kini tengah menunggu persetujuan dan peralatan ETLE mobile itu dari Korlantas Polri.

“Kalau ETLE, selain statis kita juga akan terapkan yang mobile, jadi di 2023 kita akan ajukan untuk ETLE mobile itu,” kata AKBP Eko Nugroho.

“Jadi ETLE mobile ini untuk daerah yang belum ada ETLE statis, seperti Bulungan, Malinau, Nunukan, total kita ajukan itu 35 unit tapi kita tunggu dari Korlantas,” ungkapnya.

Ia menjelaskan perbedaan antara ETLE statis dengan ETLE mobile. Menurutnya teknologi ETLE statis hanya dapat diterapkan di simpang jalan atau di lokasi yang telah memiliki kamera CCTV yang siap.

Cara kerjanya, personel Satlantas akan melakukan patrol di jalan dan merekam bentuk pelanggaran lalulintas kemudian memfoto pelat kendaraan yang melanggar menggunakan ponsel tersebut. Setelahnya akan dikirimakan surat tilang kepada pelanggar sesuai dengan alamat rumahnya. “Handphone yang digunakan memfoto pelat kendaraan ini handphone khusus, karena handphone itu langsung terintegrasi dengan back office,” ungkapnya.

Di Kaltara, baru daerah Tarakan yang sudah menerapkan ETLE mobile. Penggunaan unit ETLE akan disebar secara merata di seluruh wilayah kalatara dan disesuaikan dengan jumlah pelanggaran di wilayah Kaltara. “Kalau memang di sini (Bulungan) banyak pelanggaran lalu lintas. Iya, kita geser, karena alatnya masih terbatas,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar menambahkan, untuk sementara Satlantas Polres Bulungan memang belum menerapkan tilang elektronik. Namun, bukan berati penilangan manual ditiadakan. “Tilang manual tetap ada. Tetapi, tilang yang dilakukan terbatas,” ujarnya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.