Uang Anggota DPRD Klungkung Ini Ludes 654 Juta Rupiah, Sempat Klik Link Tak Dikenal di Media Sosial

SOBATINDONEWS.COM, BALI – Seorang anggota DPRD Klungkung, I Wayan Misna (55) melapor ke Polda Bali pada Senin 30 Januari 2023 lalu.


Laporan Anggota DPRD Klungkung tersebut dibuat lantaran diduga menjadi korban kejahatan siber.


Dikonfirmasi kepada Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, dirinya membenarkan adanya laporan tersebut.

“Iya benar ada laporan. Dia (I Wayan Misna) melapor ke Polda Bali tanggal 30 (Januari 2023) sekitar pukul 15.25 WITA,” terang Kabid Humas Polda Bali kepada Tribun Bali.


Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kabid Humas Polda Bali, mulanya I Wayan Misna memeriksa saldo di rekening BPD Bali miliknya pada Jumat 27 Januari 2023 lalu.


Selanjutnya, pada Senin 30 Januari 2023 sekitar pukul 11.00 WITA,  I Wayan Misna kembali memeriksa saldo rekening BPD Bali miliknya melalui aplikasi M-Banking.

Namun saat melakukan pemeriksaan, I Wayan Misna tak dapat mengaksesnya lantaran disebut terblokir.

Tak lama kemudian, pihak Bank BPD Bali menghubungi I Wayan Misna guna menanyakan soal sejumlah transaksi.

Pasalnya, pihak Bank BPD Bali mendapati banyak transaksi keluar terjadi di rekening milik I Wayan Misna.

Guna memberi bukti, pihak Bank BPD Bali mengirimkan softcopy rekening koran milik I Wayan Misna pada 30 Januari 2023 sekitar pukul 11.49 WITA.


Nahas, ketika I Wayan Misna memerika softcopy tersebut, dirinya mendapati banyak transaksi tak dikenal.


“Saya dikirimkan softcopy rekening koran milik saya yang menunjukkan sudah ada banyak transaksi pengiriman uang keluar dari rekening saya tersebut.”

“Yang sama sekali saya tidak melakukan transaksi tersebut,” ucap I Wayan Misna sebagaimana keterangannya kepada Polda Bali.


Atas kejadian tersebut, kerugian yang dialami oleh I Wayan Misna mencapai 654 juta rupiah.

Lebih lanjut, Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, I Wayan Misna diduga sempat mengunjungi link atau tautan yang ada di salah satu media sosial.

“Iya sepertinya itu dari Facebook. Dia klik link,” ucap Kabid Humas Polda Bali saat dihubungi Tribun Bali melalui sambungan telepon pada Rabu 1 Februari 2023.


Mantan Kabid Humas Polda Sumatera Barat itu mengimbau, masyarakat senantiasa waspada ketika membuka link atau tautan yang tak dikenal.

Selain itu, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu juga mengimbau agar masyarakat tak mudah memberi atau mengisi data pribadi dalam sebuah tautan.


“Waspada dan hati-hati apabila membuka link yang aneh. Ketika membuka link, jangan mudah memberikan data pribadi,” pungkas Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.