Ukraina Akan Berangkatkan Tentaranya Ke US Untuk Berlatih Pengoperasian Rudal Patriot

SOBATINDONEWS.COM, Jakarta – Ukraina akan memberangkatkan 100 tentaranya ke Amerika Serikat pada minggu depan untuk memulai pelatihan sistem pertahanan Rudal Patriot.

Langkah ini tentu membuat Ukraina semakin kuat dan mendapatkan perlindungan udara dari serangan angkatan udara Rusia.

Sebelumnya Ukraina telah meminta kepada AS untuk menyediakan sistem pertahanan peluru kendali udara Patriot selama berbulan-bulan.

“Rudal patriot akan membuat perbedaan yang signifikan dalam memperkuat pertahanan Ukraina melawan invasi Rusia.” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat berkunjung ke AS pada Desember 2022.

Sekretaris Pers Pentagon Brigadir Angkatan Udara, Jenderal Pat Ryder mengatakan “Pelatihan ini akan mempersiapkan sekitar 90 hingga 100 tentara Ukraina untuk mengoperasikan, memelihara, dan mempertahankan sistem pertahanan selama kursus pelatihan yang diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan.”

“Pelatihan untuk tentara Ukraina akan mencakup pekerjaan di kelas, pelatihan langsung dengan sistem Patriot, serta laboratorium simulasi.” sambung Ryder.

Pelatihan ini juga akan fokus pada apa yang dibutuhkan tentara Ukraina begitu mereka kembali ke negaranya.

“Tentunya pelatihan akan disesuaikan dengan kondisi medan di Ukraina agar dapat memberikan taktik, teknik, dan prosedur yang relevan untuk memungkinkan mereka menerapkannya secara maksimal begitu mereka kembali ke Ukraina,” kata Ryder.

Setiap rudal patriot terdiri dari sistem peluncuran yang dipasang di truk dengan delapan peluncur yang masing-masing dapat menampung hingga empat pencegat rudal, radar darat, stasiun kontrol, dan generator.

Rudal patriot akan melengkapi berbagai sistem pertahanan udara yang telah dijanjikan oleh Amerika Serikat dan mitra NATO kepada Ukraina.

AS juga telah menawarkan delapan Sistem Rudal Permukaan ke Udara Tingkat Menengah Nasional, atau NASAMS, dan sistem pertahanan udara Avenger.

Bantuan dari Negara Barat untuk memasok Ukraina dengan peningkatan jumlah senjata modern sangatlah penting karena Rusia sedang mengumpulkan kekuatan untuk eskalasi lain.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.